Tes Kemampuan Akademik TKA
TKA adalah Tes Kemampuan Akademik, sebuah asesmen standar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) untuk mengukur capaian akademik siswa.
TKA berfungsi sebagai alat seleksi objektif untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti perguruan tinggi, menggantikan peran Ujian Nasional (UN) sebelumnya.
Hasil TKA tidak menentukan kelulusan, melainkan menjadi salah satu syarat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.
Tujuan TKA
Standarisasi Penilaian:
Memberikan laporan capaian akademik siswa yang terstandar, tidak lagi berdasarkan penilaian masing-masing sekolah.
Alat Seleksi:
Digunakan sebagai salah satu syarat untuk seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti SNBP 2026.
Pengukuran Kemampuan:
Mengukur kemampuan berpikir, memahami pelajaran, dan berhitung siswa secara lebih komprehensif.
Penjaminan Mutu Pendidikan:
Menjadi instrumen baru untuk menjamin kualitas pendidikan secara nasional.
Struktur TKA (Jenjang SMA/SMK)
Mata Pelajaran Wajib:
Tiga mata pelajaran yang harus diikuti semua peserta, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.
Mata Pelajaran Pilihan:
Peserta akan memilih dua mata pelajaran dari kelompok sains, sosial, atau campuran, sesuai dengan peminatan mereka.
Pentingnya TKA
Menjembatani Perbedaan:
Membantu siswa dari berbagai satuan pendidikan untuk bersaing secara objektif.
Membantu Siswa:
Memungkinkan siswa untuk mengenali kekuatan dan kelemahan mereka dalam berbagai bidang studi.
Persiapan Masa Depan:
Membantu siswa mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang membutuhkan kemampuan akademik yang kuat.
Link Simulasi Tes Kompetensi Akademik :
https://pusmendik.kemdikbud.go.id/tka/simulasi_tka
==========================-=======================
MATERI DAN SOAL GEOGRAFI SMA
DASAR-DASAR PENGETAHUAN ILMU GEOGRAFI
|
Materi |
Soal |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
|
|
Peta
|
MATERI |
SOAL |
|
Buka |
|
Penginderaan Jauh
|
MATERI |
SOAL |
|
Buka |
|
|
Manfaat Penginderaan Jauh |
|
Sistem Informasi
Geografis
|
MATERI |
SOAL |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Manfaat SIG |
Penelitian Geografi
|
MATERI |
SOAL |
|
Pengertian penelitian |
|
|
Pendekatan penelitian |
Buka |
|
Metode penelitian |
Buka |
|
Data penelitian |
Buka |
|
Buka |
|
|
Pengolahan data |
Buka |
|
Analisis data |
Buka |
|
Buka |
|
|
Laporan penelitian |
Buka |
Dinamika Bumi
|
MATERI |
SOAL |
|
Pembentukan Muka Bumi |
|
Litosfer
|
MATERI |
KELAS |
|
Pengertian litosfer |
- |
|
Siklus Batuan |
|
|
- |
|
|
Horst dan Graben |
|
|
Tenaga Eksogen |
|
|
Intrusi Magma |
|
|
Tipe-Tipe Erupsi |
|
|
Dampak Vulkanisme |
|
|
Episentrum Gempa |
|
|
Pengertian Tanah |
- |
|
Faktor Pembentuk Tanah |
|
|
Jenis-Jenis Tanah |
|
|
Konservasi Tanah |
Atmosfer
|
MATERI |
SOAL |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Perubahan Iklim |
Hidrosfer
|
MATERI |
SOAL |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Arus Laut |
Poros Maritim
Indonesia
|
MATERI |
KELAS |
|
Perdagangan internasional |
|
Flora dan Fauna
|
MATERI |
SOAL |
|
Buka |
Sumber Daya Alam
|
MATERI |
SOAL |
|
Pengertian sumber daya alam |
Buka |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
Ketahanan Pangan
|
MATERI |
KELAS |
|
Pengertian ketahanan pangan |
|
|
Sumber daya pertanian |
|
|
Sumber daya industri |
|
|
Energi terbarukan |
|
|
Pengelolaan ketahanan pangan |
|
|
Pengelolaan industri |
|
|
Pengelolaan energi terbarukan |
Kependudukan
|
MATERI |
SOAL |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
Keragaman Budaya
|
MATERI |
KELAS |
|
Faktor penyebab keragaman budaya |
|
|
Sebaran keragaman budaya |
|
|
Pembentukan kebudayaan nasional |
|
|
Pemanfaatan produk kebudayaan |
|
|
Globalisasi |
Mitigasi Bencana
|
MATERI |
KELAS |
|
Karakteristik bencana alam |
|
|
Persebaran daerah bencana |
|
|
Tahap penanggulangan bencana |
|
|
Pengurangan resiko bencana |
|
|
Upaya sebelum dan sesudah bencana |
|
|
Lembaga penanggulangan bencana |
Perencanaan Wilayah
|
MATERI |
KELAS |
Desa dan Kota
|
MATERI |
SOAL |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Tata Ruang Desa |
|
|
Buka |
|
|
Pola Permukiman Desa |
Buka |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
Pemanfaatan
Informasi Geografis
|
MATERI |
SOAL |
|
Tata guna lahan dan transportasi |
|
|
Manfaat SIG untuk pengembangan wilayah |
|
|
Manfaat SIG untuk kesehatan masyarakat |
Negara Maju dan
Negara Berkembang
|
MATERI |
SOAL |
|
- |
|
|
Faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi |
- |
|
Pengertian pertumbuhan ekonomi |
- |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Pola pertumbuhan ekonomi di negara berkembang dan negara maju |
Buka |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Badan kerja sama internasional |
Buka |
|
Badan kerja sama ekonomi regional |
Buka |
|
Dampak kerja sama ekonomi internasional terhadap perekonomian Indonesia |
Buka |
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
|
Buka |
|
Materi |
Soal |
|
Pendekatan pembangunan |
Soal |
|
Paradigma
Pembangunan |
Soal |
|
Indikator Keberhasilan Pembangunan |
Soal |
|
Revolusi Industri |
Soal |
|
Soal |
|
|
|
|






0 komentar:
Posting Komentar